jam dan kalender

LightBlog

Breaking

LightBlog

Sunday, September 25, 2011

sedikit tentang biologi

1.     Apa yang dimaksud dengan transpor pasif dan transpor aktif ? Jelaskan !
·      Transpor pasif adalah transpor zat yang tidak memerlukan energi,terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi /tekanan . Contoh : difusi dan osmosi
·      Transpor aktif adalah transpor zat yang memerlukan energi.
Contohnya : endositosis dan eksositosis.

2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan endositosis dan eksositosis ! Berikan contohnya!
·      Endositosis merupakan proses pembentukan kantong membran sel. Terjadi karena
Ada transfer larutan/partikel ke dalam sel. Contoh: sel darah putih yang memakan bakteri penyakit ,sel tersebut membungkus bakteri dan menangkapnya dalam suatu vakuola makanan dan dicerna oleh lisosom.
·      Eksositosis adalah proses pengeluaran zat dari dalam sel. Contoh: proses pengeluaran zat dari dalam sel-sel kelenjar pada peristiwa sekresi,cairan enzim di masukkan ke dalam vakuola, vakuola menuju tepi sel, kemudian membran plsma  akan membuka dan keluarlah enzim tersebut dari dalam sel.

3.    Bagaimana cara hewan bersel tunggal (Amoeba/ Paramaecium)mengambil makanan dan mengeluarkan sisa makanan dari tubuhnya?
·      Dengan cara membentuk pseupodia  yang mengelilingi makanan. Pseupodia terbentuk karena juluran sitoplasma yang mengalami perubahan dari plasma gel ke plasma sol. Setelah mengelilingi makanan selanjutnya makanan dimasukkan kedalam sel dan terbentuklah vakuola makanan. Setelah itu makanan dicerna,sari makanan dimasukkan kedalam sitoplsma ,sedangkan sisa makanan padat tetap berada dalam vakuola.membran plasma pecah,sisa makanan keluar. Sisa makanan cair dikeluarkan lewat vakuola berdenyut.

4.    Menurut kalian, mengapa  tanaman yang layu akan segar kembali setelah disiram dengan air?
·      Tumbuhan menjadi mati karena metabolisme yang rusak,air adalah bagian penting dari metabolisme tumbuhan. Apabila tumbuhan kekurangan air dapat merusak metabolisme tumbuhan. Dengan menyiramkan air pada tumbuhan maka akan membantu menstabilkan metabolismenya lagi,sehingga tumbuhan yang layu akan segar kembali.
5.    Carilah contoh peristiwa difusi pada kehidupan sehari-hari dengan mencari informasi dari buku atau internet. Tulislah  hasilnya pada buku tugasmu!
Contoh peristiwa difusi adalah saat kita memasukkan gula pada air teh atau kop

No comments:

Post a Comment

Adbox